Kumpulan para pemuda yang memiliki misi dan tujuan yang sama untuk kesejahteraan bersama. Kedepannya diharapkan menjadi sumber inspirasi dan wadah pembinaan bagi kelompok ternak lain.
Alamat Gg. Beringin 19b Desa/Kelurahan Bumirejo, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen, Propinsi Jawa Tengah Telp. : 0287- 385887 / 08886802827
Email kote_ka@yahoo.co.id

Pembuatan Kandang

Inti dari kandang kambing yang sehat yaitu memiliki teduhan (rimbunan pohon atau atap), memiliki peredaran udara yang baik, kawasan tinggi (tidak mudah banjir atau berair), jauh dari pemukiman dan terjaminnya keselamatan kambing.

Yang perlu dipikirkan dalam pembuatannya yaitu kesehatan ternak, kemudahan pengurusan dan pengaruh biaya. Sebaiknya lantai dibuat tinggi. Alasannya mempermudah pembersihan kotoran, menghindari penguapan/evaporasi ammonia air kencing yang dapat menyebabkan pneumonia.

Untuk bahan lantai yang baik yaitu bersifat tahan lama, mudah dicuci, tahan pada bahan kimia ataupun pada keadaan basah dan lembab.

Rangka kandang harus memperhatikan pemasukan cahaya matahari baik pagi ataupun sore agar merata sampai tengah kandang. Rangka kandang dari bahan yang keras atau kuat, supaya tidak cepat rusak. Karena rangka kandang tidak seperti dinding, alas dan atap yang sering diganti apabila mengalami kerusakan.

Bentuk atap banyak pilihannya, misal bentuk segitiga. Ada juga atap double roofing yang dibuat supaya sirkulasi udara berjalan dengan baik. Tinggi lantai dengan atap sekurang-kurangnya 2 m. Atap zink di kawasan dingin juga diperbolehkan, alasannya dari segi harga dan tahan lamanya. Untuk atap zink di kawasan panas dihindari karena efek panas pada ternak yang ditimbulkan.

Bahan dinding tidak harus mahal, tetapi dipilih yang kuat. Dinding untuk pejantan dibuat lebih tinggi agar tidak melompat keluar dan menghindari adanya efek perkawinan yang tidak diinginkan. Sedangkan tangga tidak terlalu curam. Dan juga tidak terlalu landai karena menambah bahan dan ruang.

Plan Kandang dan Modelnya

Tidak ada komentar:

Pojokan Kandang

Pojokan Kandang
Masih dalam pengembangan, harap MAKLUM !!!