Kumpulan para pemuda yang memiliki misi dan tujuan yang sama untuk kesejahteraan bersama. Kedepannya diharapkan menjadi sumber inspirasi dan wadah pembinaan bagi kelompok ternak lain.
Alamat Gg. Beringin 19b Desa/Kelurahan Bumirejo, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen, Propinsi Jawa Tengah Telp. : 0287- 385887 / 08886802827
Email kote_ka@yahoo.co.id

Manfaat Lainnya

Banyak manfaat yang didapatkan dari beternak kambing. Pendapatan yang kita peroleh didapatkan dari:

1.Limbah Ternak

Air kencing kambing memiliki nilai jual yang dapat di gunakan sebagai pengganti pestisida, sedangkan kotorannya dapat digunakan sebagai pupuk kompos yang bernilai tinggi. Teknologi berbasis organik SUPERFARM, melalui salah satu produk yaitu DECOMPOSER SUPERFARM mampu melakukan penguraian pupuk kandang / sisa biomasa tanaman selama 5 hari.

Adapun metode pembuatan adalah sebagai berikut:

  • Persiapan bahan / Peralatan:

  1. DECOMPOSER SUPERFARM 1 botol (1 liter) untuk media 1 TON kotoran sapi/ayam/kambing/sisa biomasa tanaman.

  2. Air 15 - 20 liter air.

  3. Biomasa tanaman (Daun/Jerami)/Arang/sekam.

  4. Ember.

  • Pelaksanaan:

    1. Campurkan kotoran sapi/ayam/kambing dengan material bahan lain poin no.3. Komposisi dianjurkan adalah 7 bagian kotoran dicampur dengan 3 bagian bahan organik sisa (total 1 ton bahan).

    2. Campurkan / semprotkan secara merata DECOMPOSER yang telah dilarutkan dalam air 15-20 liter air hingga kondisi lembab (bila digenggam tidak meneteskan air).

    3. Setelah diaduk kemudian di tempatkan pada lokasi terlindung dan kemudian ditutup oleh karung/terpal atau lainnya.

    4. Diamkan selama 3 hari, karena pada saat tersebut suhu akan meningkat, kompos dibuka dan direnggangkan untuk menguapkan gas sampai suhu turun. Setelah dingin ditutup kembali.

    5. Setelah diproses selama 5 hari kompos dapat digunakan.


2.Susu Kambing

Pernah mencoba susu kambing? Hasil survei United Departement of Agriculture, susu kambing baik untuk berbagai keadaan terutama mencegah penyakit. Malah dianjurkan untuk penderita penyakit TBC, asma, anemia, hepatitis, kram otot dan tukak lambung. Begitu banyaknya manfaat susu ini sehingga dianjurkan untuk dikonsumsi.

Sedangkan manfaat lain susu kambing ini aman bagi tubuh dan dapat menetralisir asam lambung, menambah vitalitas dan daya tahan tubuh, mengatasi masalah impotensi dan mengoptimalkan pertumbuhan pada anak. Penjualan susu kambing juga sangat bagus. Untuk saat ini memang masih terbatas pada para penderita sakit, tetapi jangka panjangnya sangat menggembira.

Mengenai komposisi kimiawi susu kambing mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalori, kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, Vitamin A, B1 (IU), B2(mg), B6, B12, C, D, E, Niacin, V, Asam Pantotenant, Kolin dan Inositol.

Terlepas dari manfaat, khasiat dan sebagainya, para peternak kambing mengatakan tidak mudah mengembangkan kambing yang satu ini. Pasalnya, selain harganya yang memang mahal merawatnya memang harus ekstra teliti. Dalam seminggu saja, kambing-kambing itu harus dimandikan sebanyak dua kali. Makanan juga tak boleh rumput sembarangan. Tetapi buat Anda yang berjiwa entrepreneur pasti tertantang dengan profit dan prospeknya!. Untuk jenis kambing yang diambil hasil susunya adalah Jamnapari (Etawa), Saanen, Toggenberg dan Kambing Katjang hasil silangan dengan Jamnapari.


3.Kontes

Ada kalanya kita butuh refreshing, dalam tanda kutip tetap berpegang pada Time is Money. Jadi kita dapat bepergian dan mengikuti kontes. Siapa tahu kita mendapatkan sejumlah uang karena sebagai pemenangnya. Poin plus lainnya adalah memperluas relasi dan pengetahuan kita.

Selama ini penilaian atau penjurian dalam kontes kado dilakukan dengan cara melihat performa sifat-sifat kuantitatif domba secara umum, performa tersebut antara lain adalah bobot badan, panjang badang, lingkar dada, tinggi pundak, kadang-kadang ditambah dengan lebar dan dalam dada, dengan bobot penilaian bergantung atas katagori kelas yang dikonteskan. Seluruh kambing yang ikut serta dalam kontes akan ditimbang dan diukur bagian-bagian tubuhnya, sehingga akan memakan waktu yang sangat lama dalam proses penilaiannya. Hal ini tentu saja tidak efektif, membuang banyak waktu dan tenaga, serta akan sangat melelahkan bagi Peternak dan kambingnya, apalagi peserta kontes sering tidak dibatasi, baik dari sisi jumlah maupun kualitasnya.


Alternatif lain yang perlu dipertimbangkan dan dikembangkan adalah pola penilaian SELTAMOUN, yaitu pola penilaian kambing yang dilakukan secara bertahap, dengan terlebih dahulu menyisihkan secara lebih awal kambing-kambing yang kurang baik (babak penyisihan). Kambing-kambing yang lolos babak penyisihan selanjutnya dinilai kembali untuk melakukan penyisihan ke dua, dst, sehingga pada hasil akhir akan tersisa 5-6 ekor kambing. Selanjutnya dilakukan pengukuran bobot badan dan ukuran-ukuran tubuh yang lain pada ke 5-6 ekor kambing tersebut, untuk menentukan Juara I, II, III dan Juara harapan bila diperlukan.


1 komentar:

HCS CLUB SUKSES mengatakan...

INFO:
Suplemen Organik Tanaman (SOT) produk PT HCS Sidoarjo, untuk meningkatkan hasil produksi pangan tanpa pupuk kimia, lebih hemat, hasil meningkat dan hama terkendali.
Suplemen Organik Cair (SOC) untuk segala ternak akan lebih meningkat penghasilannya, menurun biayanya, dan lebih aman dikonsumsi dagingnya karena organik. Lagi pula kotorannya tidak berbau.
Selengkapnya buka http://hcssukses.blogspot.com/p/produk.html.

Admin http://hcssukses.blogspot.com

Pojokan Kandang

Pojokan Kandang
Masih dalam pengembangan, harap MAKLUM !!!