Kumpulan para pemuda yang memiliki misi dan tujuan yang sama untuk kesejahteraan bersama. Kedepannya diharapkan menjadi sumber inspirasi dan wadah pembinaan bagi kelompok ternak lain.
Alamat Gg. Beringin 19b Desa/Kelurahan Bumirejo, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen, Propinsi Jawa Tengah Telp. : 0287- 385887 / 08886802827
Email kote_ka@yahoo.co.id

Lahir hingga penyapihan

Anak kambing baru lahir sebaiknya dikurung bersama ibunya selama 2 minggu dan pastikan anak mendapatkan kolostrum (zat kekebalan tubuh). Pada umumnya kolostrum didapat 6 jam setelah kelahiran. Lama indukan mengeluarkan kolostrum biasanya 3 hari dan susu mengandung kolostrum nampak dari warnanya yang kuning dan agak pekat.

Susu kolostrum membantu sistem pencernaan supaya bekerja dengan sempurna. Untuk indukan kambing yang baru pertama kali melahirkan nampak kesulitan menyusui anaknya. Kita harus melatihnya supaya sang anak tidak mengalami kematian. Bila indukan kambing mati maka kita dapat memberikan susu kolostrum dari indukan lain karena kolostrum bisa disimpan dengan dibekukan.

Anak kambing menyusui selama 3-4 bulan. Untuk penyapihannya sebaiknya dilakukan secara bertahap. Anak kambing sangat peka pada suhu dingin, jadi mudah terkena pneumonia.


Kolostrum

Kandungan

0 jam

12 jam

24 jam

Susu Biasa

Mg/ml (Antibodi) %

Lemak %

Protein

38.23


6.00

11.35

32.22


5.50

9.60

21.52


5.00

7.07



3.60

3.25


Penyapihan hingga dewasa

Anak kambing betina sebaiknya dipisahkan dari anak pejantan. Makanan dijaga dengan baik karena mudah turunnya berat badan yang disebabkan penyapihan. Anak kambing betina cukup umur jika berusia sekitar 8 bulan dengan berat 25 kg. Anakan betina yang baik bisa digred-kan. Gred berdasarkan prestasi kenaikan berat badan, kelahiran kembar, badan yang baik dan tahan pada penyakit. Gred inilah yang menentukan nilai penjualan kambing tersebut.

Untuk anak pejantan bisa dijual saat berusia 8-12 bulan. Sedangkan anak pejantan yang akan digunakan sebagai baka sebaiknya berusia sekitar 18 bulan.


Tidak ada komentar:

Pojokan Kandang

Pojokan Kandang
Masih dalam pengembangan, harap MAKLUM !!!